Senin, 23 Desember 2013

RANGKAIAN LISTRIK SEDERHANA DAN POLA SAKLAR


RANGKAIAN LISTRIK SEDERHANA
MAKALAH
diajukan untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah
Eksperimen Fisika Dasar II
Dosen : Heni Rusnayati, M.Si











disusun oleh :
Budi Januar P.K.W.(1202285)
Lia Awaliyah          (1203130)
Nia Nurhayati         (1206360)
Pabel Frasetya        (1204388)
Tini                         (1203134)
Yulia Permatasari   (1004900)

JURUSAN PENDIDIKAN FISIKA
PROGRAM STUDI FISIKA
FAKULTAS PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
2013



KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat rahmat dan hidayah-Nya penulis dapat menyelesaikan Makalah yang berjudul “Rangkaian Listrik Sederhana” ini dapat diselesaikan.
Makalah ini berisikan tentang informasi rangkaian listrik sederhana dan pola pada macam- macam saklar.
Diharapkan makalah ini dapat memberikan informasi kepada masyarakat tentang rangkaian listrik sederhana dan pola pada macam- macam saklar ini dapat bermanfaat bagi masyarakat.
Akhir kata, penulis berharap semoga makalah ini bermanfaat bagi semua pihak. Amin
Bandung, Oktober  2013


    Penulis
DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR    i
DAFTAR ISI    ii
BAB I    2
PENDAHULUAN    2
A.    Latar Belakang    2
B.    Tujuan Makalah    2
C.    Rumusan masalah    2
D.    Manfaat  Makalah    3
E.    Metode    3
BAB II    4
PEMBAHASAN    4
A.    Tujuan    4
B.    Dasar Teori    4
c.    Tugas sebelum percobaan    5
d.    Prediksi    5
e.    Alat dan bahan    6
f.    Prosedur percobaan    6
g.    Tabel pengamatan    7
h.    Analisis    10
i.    Penerapan dalam Terowongan    11
BAB III    12
PENUTUP    12
a.    Kesimpulan    12




BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Dalam kehidupan sehari-hari kita sering mendengar kata saklar. Saklarpun sering kita jumpai dirumah kiita ataupun di kosan  kita saat ini. Saklar merupakan salah satu komponen listrik yang berfungsi untuk memutuskan dan menghubungkan arus listrik, terutama pada rangkaian yang dihubungkan dengan hambatan berupa lampu. Adapun jenis–jenis saklar itu sendiri yaitu saklar tunggal, saklar ganda dan reversing switch.
Pada eksperimen ini kita diberi permasalahan ( problem solving ) tentang sebuah proyek penambangan dimana terdapat sebuah lorong yang sering di lewati oleh pekerja tambang, untuk melewati lorong tersebut diperlukan lampu sebagai penerangnya, agar energi listrik yang terpakai efisien, maka dipasang saklar di ujung-ujung terowongan sehingga lampu di terowongan dapat dikendalikan oleh dua saklar tersebut. Disini kami dituntut untuk membuat sebuah rangkaian dengan ketentuan sebagai berikut:
1.    Saklar dapat dinyalakan oleh pekerja yang memasuki terowongan dan dimatikan oleh pekerja tersebut setelah melewati terowongan.
2.    Saklar di kedua ujung terowongan tersebut dapat berfungsi untuk mematikan dan menyalakan lampu dalam terowongan.
B.    Tujuan Makalah
1.    Untuk mengetahui fungsi saklar
2.    Mengetahui pola bermacam- macam saklar
3.    menentukan pola rangkaian saklar
C.    Rumusan masalah
1.    Untuk menentukan pola rangkaian saklar yang tepat pada ujung-ujung terowongan dengan        ketentuan:   
a.    Saklar dapat dinyalakan oleh pekerja yang memasuki terowongan dan dimatikan olehpekerja tersebut setelah melewatiterowongan
b.    Saklar di kedua ujung terowongan     tersebut     dapat berfungsi untuk mematikan     danmenyalakan lampu     dalam terowongan.

D.    Manfaat  Makalah
1.    Mengetahui fungsi saklar
2.    Mengetahui Pola bermacam-macam saklar
E.    Metode
Metode yang dilakukan adalah praktikum


BAB II
PEMBAHASAN

A.    Tujuan
1.    Untuk mengetahui fungsi saklar
2.    Mengetahui pola bermacam- macam saklar
3.    menentukan pola rangkaian saklar

B.    Dasar Teori
Saklar adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk memutuskan jaringan listrik, atau untuk menghubungkannya. Jadi saklar pada dasarnya adalah alat penyambung atau pemutus aliran listrik. Selain untuk jaringan listrik arus kuat, saklar berbentuk kecil juga dipakai untuk alat komponen elektronika arus lemah.
Secara sederhana, saklar terdiri dari dua bilah logam yang menempel pada suatu rangkaian, dan bisa terhubung atau terpisah sesuai dengan keadaan sambung (on) atau putus (off) dalam rangkaian itu. Material kontak sambungan umumnya dipilih agar supaya tahan terhadap korosi. Kalau logam yang dipakai terbuat dari bahan oksida biasa, maka saklar akan sering tidak bekerja. Untuk mengurangi efek korosi ini, paling tidak logam kontaknya harus disepuh dengan logam anti korosi dan anti karat. Pada dasarnya saklar tombol bisa diaplikasikan untuk sensor mekanik, karena alat ini bisa dipakai pada mikrokontroller untuk pengaturan rangkaian pengontrolan.
1) Saklar tunggal
Fungsi saklar tunggal adalah untuk menyalakan dan mematikan lampu. Pada saklar ini terdapat dua titik kontak yang menghubungkan hantaran fasa dengan lampu atau alat yang lain.
2) Saklar ganda

Fungsi saklar ganda adalah untuk menyalakan dan mematikan lampu dengan meminimalisir penggunaan jumlah saklar. Pada saklar ini terdapat empat titik kontak yang menghubungkan hantaran fasa dengan lampu atau alat yang lain.
Ada beberapa jenis saklar yaitu saklar tunggal, saklar ganda, saklar hotel dan lain-lain








c.    Tugas sebelum percobaan
1.    Pada suatu proyek penambangan terdapat sebuah lorong yang sering dilewati oleh pekerja tambang, untuk melewati lorong tersebut diperlukan lampu sebagai penerangannya, agar energi listrik yang terpakai efisien maka dirancang saklar pada ujung-ujung terowongan sehingga lampu di terowongan dapat dikendalikan oleh dua saklar tersebut.
Anda sebagai seorang mahasiswa fisika diminta untuk membuat rangkaian dengan ketentuan sebagai berikut :
   
1. Saklar dapat dinyalakan oleh pekerja yang memasuki  terowongan dan dimatikan oleh pekerja tersebut     setelah     melewati terowongan
2. Saklar dikedua ujung terowongan tersebut dapat     berfungsi untuk mematikan dan menyalakan lampu  dalam terowongan .
Dengan cara kerja rangkaian yang anda buat, diharapkan efisiensi energi pemakain listrik dapat dicapai. Berdasarkan ketentuan tersebut anda dapat membuat rangkaian yang terdiri atas lampu, sumber tegangan dan beberapa kabel penghubung dan saklar




d.    Prediksi
1.    Saklar pada rangkaian listrik bersimpal tunggal.jika pada kedua sisi lampu di pasang dua buah saklar








2.    Prediksi rangkaian saklar sesuai permasalahan




e.    Alat dan bahan
1.    Power suplly / baterai
2.    Kabel penghubung
3.    Lampu
4.    Saklar







f.    Prosedur percobaan
1.    Prosedur percobaan untuk prediksi :
a.     menyiapkan alat dan bahan
b.    menyusun rangkaian sesuai  prediksi
c.    mengamati nyala lampu untuk     setiap         pola yang berbeda
d.     mencatat hasil pengamatan
2.     Prosedur percobaan sesuai permasalahan :
a. menyiapkan alat dan bahan
b. menyusun rangkaian sesuai prediksi
c.mengamati nyala lampu untuk setiap pola     saklar yang berbeda
d.mencatat hasil pengamatan
e. menyimpulkan kombinasi saklar yang     tepat sesuai permasalahan

g.    Tabel pengamatan

Table rangkaian 1








        Sketsa pola saklar hotel
1.    Pola sesuai permasalahan





2.   Pola rangkaian  lampu tidak sesuai dengan permasalahan



h.    Analisis
1.     Berdasarkan uji coba rangkaian yang kami lakukan, nyala tidaknya lampu sesuai dengan sketsa prediksi yang kami buat.
2.    Dalam pemecahan masalah kami menggunakan saklar hotel, karena dalam penggunaan saklar tunggal kami tidak dapat memecahkan permasalahan .
Dalam hal ini saklar hotel dapat digunakan dalam pemecahan masalah karena saklar hotel hanya men-switch arus listrik dari satu kutub ke kutub lainnya, sehingga arus tetap mengalir tanpa ada rangkaian terbuka. Jenis saklar ini berbeda dengan saklar tunggal karena saklar tunggal memutuskan arus yang mengakibatkan rangkaian terbuka sehingga lampu tidak menyala
3.    Rangkaian ini dipasang secara seri, agar arus yang mengalir akan tetap masuk ke saklar dan lampu, sedangkan jika di pasang secara paralel, arus yang mengalir akan tetap masuk ke saklar dan lampu, sehingga lampu akan tetap menyala, tegangan terbagi-bagi sehingga saat saklar di on/off maka lampu tetap menyala dengan perbedaan terang redupnya saat menggunakan baterai, tidak terlihat . Agar terlihat perbedaan terang redupnya lampu gunakan power suplly dengan menggunakan besar tegangan yang tetap.
Persamaan dan perbedaan antara saklar tunggal, saklar ganda dan saklar hotel

 

i.    Penerapan dalam Terowongan
Pola rangkaian yang digunakan




DAFTAR PUSTAKA
Moh Duro. (2012) Fungsi Saklar dan Macam-Macam Saklar [Online].  Tersedia: http://dien-elcom.blogspot.com/2012/08/fungsi-saklar-dan-macam-macam-saklar.html  [23 Desember 2013].

6 komentar:

  1. de bedanya saklar hotel sama saklar ganda apa ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salah satu perbedaannya terletak pada jalur arus yang mengalir. Pada saklar Ganda, arus akan mengalir jika kabel penghubung input dan outputnya diletakkan pada posisi silang. Jika diletakkan secara lurus, maka rangkaian akan terbuka, Sedangkan pada saklar hotel, lebih kompleks lagi. Arus akan mengalir jika kabel penghubung yang dipasang pada input dan outputnya dipasang secara menyilang. Tapi salah satu dari input atau outputnya harus berada di bagian tengah saklar. Jika dipasang tanpa ada salah satu kabel yang dipasang ditengah, maka rangkaian tidak bisa dinyalakan atau dipadamkan dengan menggunakan saklar.
      gitu a .hehhehhe

      Hapus
  2. Salah satu perbedaannya terletak pada jalur arus yang mengalir. Pada saklar Ganda, arus akan mengalir jika kabel penghubung input dan outputnya diletakkan pada posisi silang. Jika diletakkan secara lurus, maka rangkaian akan terbuka, Sedangkan pada saklar hotel, lebih kompleks lagi. Arus akan mengalir jika kabel penghubung yang dipasang pada input dan outputnya dipasang secara menyilang. Tapi salah satu dari input atau outputnya harus berada di bagian tengah saklar. Jika dipasang tanpa ada salah satu kabel yang dipasang ditengah, maka rangkaian tidak bisa dinyalakan atau dipadamkan dengan menggunakan saklar.
    gitu a .hehhehhe

    BalasHapus
  3. kak apakah saklar hotel sama dengan reversing switch?

    BalasHapus
  4. saya nyari rangkaian yang S1 tutup, S2, tutup = Nyala.... S1 tutup, S2 buka = Mati.... S1 buka, S2 tutup = Mati.... S1 buka, S2 buka = Nyala...
    bentuk rangkaiannya gimana.?

    BalasHapus
  5. wahh terimakasih banyak gan untuk artikelnya, sangat bermanfaat sekali, juga berguna bagi semuanya . .
    kunjungi juga gan http://www.rajalistrik.com/ semoga bermanfaat juga buat semuanya ..

    terimakasih

    BalasHapus